Menjadi Nasionalis dengan Investasi Saham

By | 6 Mei 2018

Menjadi Nasionalis dengan Investasi Saham

Tak hanya menabung, masyarakat saat ini juga memilih untuk mengalihkan dana yang dimiliknya untuk investasi. Ada berbagai macam skema investasi yang tersedia, mulai dari skema investasi di pasar uang maupun skema investasi di pasar barang atau jasa. Skema investasi di pasar uang saat ini tengah menjadi pilihan karena banyaknya manfaat yang ditawarkan.

Di pasar uang, terdapat berbagai macam skema investasi yang dapat dipilih. Beberapa contohnya seperti Obligasi, deposito, dan saham. Saham merupakan salah satu skema investasi yang banyak diminati masyarakat saat ini karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan dan merupakan salah satu investasi yang paling menguntungkan. Penetrasi pasar saham yang semakin menggeliat dipicu oleh gencarnya pemerintah melalui badan-badan resmi seperti bursa efek Indonesia dalam mempromosikan investasi saham secara rutin. Salah satunya adalah dengan kampanye bahwa dengan investasi saham maka Anda merupakan seorang yang nasionalis. Mengapa bisa demikian?

Anggapan bahwa dengan berinvestasi saham membuat Anda menjadi seorang yang nasionalis tidak mengada-ada karena menurut salah satu sumber, hingga saat ini persentase investor local masih jauh dibawah investor asing dalam bursa saham di Indonesia. Dengan kata lain, saat ini, sebagian besar perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dimiliki oleh orang asing. Lalu, apa yang akan terjadi jika perusahaan di Indonesia dimiliki oleh pihak asing? Salah satu hal yang akan terjadi adalah ketika para investor asing tersebut menarik dananya dari Indonesia, maka perekonomian Indonesia bisa hancur dalam waktu yang singkat. Dampak tersebut tentu sangat tidak diinginkan dan membuat pemerintah berusaha menggencarkan pasar saham sebagai pilihan investasi di Indonesia saat ini.

Lalu, mengapa masih banyak orang Indonesia yang tidak tertarik untuk menginvestasikan dananya di pasar modal? Salah satu alasannya adalah kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bursa saham. Tak sedikit pula orang yang menganggap bahwa investasi saham merupakan suatu hal yang haram. Apapun anggapannya, jika dengan berinvestasi di bursa saham Indonesia bisa membantu Negara, rasanya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk Anda (selain menghasilkan return tentunya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *